Rabu, 23 Januari 2013

Faktor Penting dalam Merancang Rumah

sumber: www.kompas.com

Ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan saat merancang rumah, agar terasa menarik dan nyaman. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhinya:

Buatlah jalan masuk yang menarik
Anda bisa menaruh sebuah tempat duduk mungil dekat dengan pintu masuk rumah Anda. Tempat duduk mungil ini dapat Anda atau tamu Anda gunakan ketika melepaskan dan mengenakan sepatu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cat tembok dengan warna terang untuk memberikanstatement atau "pernyataan" di daerah pintu masuk rumah Anda.
Miliki karya seni unik
Anda bisa memajang foto, lukisan, patung, atau hiasan buatan Anda sendiri. Selain itu, tak ada salahnya membeli lukisan atau memajang hiasan-hiasan modern di rumah Anda.
Sediakan tempat penyimpanan unik
Miliki tempat khusus untuk menyimpan buku-buku koleksi Anda. Pilihlah desain sederhana yang mampu bercampur dengan dekorasi lain di rumah Anda. Tentu saja, Anda perlu memilih desain yang unik.
Berikan aksen tertentu
Aksen khusus tentu Anda perlukan untuk membedakan antara rumah Anda dengan rumah milik orang lain atau tetangga. Sediakan barang-barang yang mampu memberikan "pernyataan" bagi rumah Anda. Barang-barang ini bias berukuran cukup besar atau berbentuk tidak biasa sebagai ciri khas rumah Anda. Salah satu contoh barang seperti ini adalah chandelier.
Pastikan dapur terorganisir dengan baik
Pilihlah desain dapur yang sederhana, namun dapat Anda rapikan dengan mudah. Dengan dapur rapi dan terorganisir, kegiatan Anda di ruangan ini dapat dilakukan lebih mudah dan nyaman.
Area nyaman untuk ruang makan
Di tempat ini, Anda akan banyak menghabiskan waktu untuk berbincang dan merencanakan apa saja. Bagi Anda yang memiliki ruang terbatas di dalam rumah, Anda bisa menggabungkan area ruang keluarga dan ruang makan atau ruang makan dengan dapur.
Menyatukan beberapa fungsi rumah dalam satu ruangan tidak selalu membuat penggunaan ruangan tersebut tidak nyaman. Hal terpenting adalah menciptakan suasana yang membuat komunikasi selalu terjaga, serta kebahagiaan di lingkungan keluarga Anda.
Ciptakan ruang kerja yang menginspirasi
Ketika baru memulai keluarga, ada banyak hal baru akan Anda hadapi bersama pasangan Anda. Penting bagi Anda berdua untuk menciptakan lingkungan yang mampu melepaskan stres dan kepenatan.
Tentunya, ruang kerja khusus bagi Anda sendiri dapat Anda manfaatkan untuk keperluan lain selain bekerja. Anda bisa menuangkan keluh-kesah, kejenuhan, dan lain-lainnya pada blog, buku harian, atau pekerjaan handycraft yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Jadikan ruangan ini sebagai dunia kreatif bagi Anda! 
Ruang keluarga yang menyenangkan
Selain ruang kerja, kehadiran ruang keluarga yang menyenangkan juga sangat dibutuhkan. Pastikan ruang keluarga Anda mampu mencerminkan gaya pribadi Anda dan pasangan Anda. selain estetika, faktor kenyamanan sangat dibutuhkan di sini.
Ruang tidur yang bikin Anda betah
Sebagai ruang paling privasi, Anda tentu juga akan menomorsatukan kenyamanan di ruang ini. Hal terpenting perlu dicatat di sini adalah, hindari kesempatan bagi menumpuknya banyak barang di kamar tidur Anda.
Buatlah lemari yang rapi
Sejak awal, Anda sudah bisa menentukan untuk membuat lemari yang rapi. Pastikan lemari Anda mampu menampung banyak pakaian. Selain itu, usahakan juga Anda dapat "mengembangkannya" di masa depan.
Ciptakan kamar mandi yang berkarakter
Selain kamar tidur, kamar mandi adalah ruangan yang sangat penting. Bukan hanya untuk Anda dan pasangan Anda, melainkan juga tamu yang kelak akan berkunjung ke rumah Anda. Selalu ingat, bahwa kenyamanan dan kebersihan kamar mandi akan mewakili kepribadian Anda dan pasangan Anda. Anda bisa  menunjukkan karakter khas pada ruangan ini, baik dari sisi warna maupun materialnya.
Jangan lupakan ruang terbuka
Jika masih memiliki ruang di pekarangan atau halaman rumah, ada baiknya Anda tidak lupa membuat sebuah "ruang terbuka" (outdoor). Pastikan, Anda dan pasangan Anda mampu menjaga kesehatan di rumah Anda dengan berolah raga di sini. Anda juga dapat sekedar duduk-duduk dan menikmati sarapan pagi berdua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar