Senin, 16 Juni 2014

Diversity Multiplexing Tradeoff / Perbandingan Antara Gain Diversiti dan Multiplexing

Dalam artikel sebelumnya, telah dijelaskan masing-masing tentang apa itu diversity dan multiplexing.  Keduanya merupakan gain/keuntungan dalam multiple input multiple output (MIMO). Namun, perlu diketahui bahwa media gain ini saling berkebalikan. Semakin besar gain diversity, semakin kecil gain multiplexing. Fenomena ini terjadi pada saat signal to noise ratio (SNR) mempunyai nilai yang besar. Analogi sederhana dari fenomena ini, penulis mengambil contoh sbb:

Diversity besar adalah lampu yang mempunyai sudut pancar yang lebih lebar. Dari sudut pancar yang lebih lebar, menemukan benda yang dicari makin besar, tapi tingkat kepercayaan nya kecil karena lampu remang-remang. Multiplexing besar bisa di analogikan dengan lampu dengan sudut pancar yang kecil. Luas daerah yang diterangi lampu ini sempit, tetapi daerah yang diteranginya memperoleh cahaya yang memadai sehingga kepastian benda yang diteranginya lebih meyakinkan.

Selanjutnya, bagaimana menghitung perbandingan yang optimal dari dua parameter yang saling berkebalikan?
1. Pertama adalah menghitung outage probability.
2. Dari outage, kita bisa menentukan besaran eigenvalue untuk join pdf antar eigenvalue.
3. Dengan sedikit manipulasi matematis, kita dapatkan persamaan yang  menyatakan hubungan keterbalikan antara diversity dan multiplexing.

Penjelasan lengkap secara matematis dapat dibaca lebih lanjut di sumber ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar