Selasa, 26 Oktober 2010

Jaringan Sensor Nirkabel - Wireless Sensor Network


Dengan makin populernya laptop, telepon seluler, GPS, RFID, dan alat elektronik canggih lainnya, menandakan bahwa alat-alat komputasi saat ini semakin murah, makin mobile, terjangkau, dan lebih pervasif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, akan sangat mungkin dibuat sebuah komponen kecil yang dapat bekerja setara komputer , kelak. Dan kemunculan Jaringan Sensor Network (JSN) adalah efek dari perkembangan alat-alat komputasi modern yang makin kecil dan mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

JSN adalah teknologi yang mempunyai potensi kebermanfatan pada bidang sipil maupun militer. JSN pada umumnya terbangun dari sensor yang mempunyai spesifikasi berdaya rendah, ukuran kecil, dan murah sehingga dapat ditempatkan pada wilayah yang luas dalam jumlah yang banyak. Walaupun ukurannya kecil, sensor mempunyai kemampuan melakukan sensing, pemrosesan data, dan komunikasi antar sensor. JSN melakukan komunikasi antar sensor secara ad hoc, dan harus bisa melakukan pengelolalan secara mandiri dalam berkomunikasi melalui jaringan nirkabel. Sensor dilengkapi dengan sumber daya yang dapat digunakan dalam waktu yang lama sehingga pengoperasiannya tidak banyak membutuhkan campur tangan manusia.

Perkembangan riset yang membahas Jaringan Sensor Nirkabel (JSN) dan aplikasinya telah berkembang pesat beberapa akhir tahun ini. Banyak aplikasi yang telah dikembangkan menggunakan Jaringan Sensor Nirkabel antara lain dalam bidang kesehatan yaitu monitoring pasien jantung jarak jauh. Selain itu, dalam bidang pertahanan, sensor yang digunakan untuk memberikan informasi penting di medan perang. Dengan pengertian yang lebih sederhana yaitu JSN sebagai alat untuk monitoring lingkungan, lingkungan dalam pengertian berbagai bidang.

Dengan didukung oleh perkembangan dalam berbagai bidang riset seperti riset teknologi jaringan, komunikasi nirkabel, dan fabrikasi microprocessor, telah menjadikan perkembangan riset JSN bergerak sangat cepat. JSN dapat dibuat dengan biaya rendah, ukuran yang relatif kecil dan konsumsi daya yang rendah, yang selanjutnya ditempatkan di suatu wilayah dalam jumlah besar untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi.

Dalam proses pengumpulan informasi, JSN akan melakukan deteksi menggunakan sensor yang telah terpasang di titik-titik tertentu. Dengan alasan kompleksitas, pada umumnya deteksi dilakukan dengan cara desentralisasi. Deteksi desentralisasi adalah proses pengambilan keputusan terhadap kejadian-kejadian yang terjadi di suatu titik berdasarkan observasi sensor di titik tersebut dan hasil keputusan dari tiap-tiap titik akan dikirim menuju Pusat Informasi Gabungan (PIG) melalui jaringan nirkabel. PIG akan mengkombinasikan sinyal yang dikirim oleh tiap titik untuk membuat sebuah keputusan akhir. Proses pengumpulan informasi akan melalui tahapan sebagai berikut: pengambilan keputusan di masing-masing titik, komunikasi antar titik, dan proses penggabungan keputusan di PIG.

Referensi:

1. Yang Yu, Viktor K Prasanna,and Bhaskar Krishnamachari, "Information Processing and Routing in Wireless Sensor Networks", Singapore : World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd, 2006.

2. Jun Zheng,Abbas Jamalipou, "Wireless Sensor Networks: A Networking Perspective", IEEE Communication, Networking & Broadcasting, 2009.

3. Andre Lei, Robert Schober,"Multiple-Symbol Differential Decision Fusion for Mobile Wireless Sensor Networks", IEEE TRANSACTIONS ON COMMUNICATIONS, VOL. 9, NO. 2, February 2010

4. Andre Lei, Robert Schober,"Coherent Max–log Decision Fusion in Wireless Sensor Networks", IEEE TRANSACTIONS ON COMMUNICATIONS, VOL. 58, NO. 5, MAY 2010

5. Ruixin Niu,Biao Chen,Pramod K. Varshney, "Fusion of Decisions Transmitted Over Rayleigh Fading Channels in Wireless Sensor Networks", IEEE TRANSACTIONS ON SIGNAL PROCESSING, VOL. 54, NO. 3, MARCH 2006.

6. Tsang-Yi Wang, Qi Cheng, “Collaborative Event-Region and Boundary-Region Detection in Wireless Sensor Network”, IEEE Trans on Signal Processing, Vol. 56 No. 6, June 2008.

7. Biao Chen, Ruixiang Jiang, Teerasit Kasetkasem, and Pramod K Varshney, “Channel Aware Decision Fusion in Wireless Sensor Network”, IEEE Trans on Signal Processing, Vol. 52 No 12, Dec 2004.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar