Minggu, 24 Februari 2013

Manisnya Iman

Bismillah, 
kali ini penulis mencoba membuat sedikit uraian untuk meraih manisnya iman.
Kita bisa merasakan manisnya iman jika kita memiliki iman yang sempurna. Iman yang sempurna menjadi syarat tercapainya kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Terlebih juga, akan membuat ibadah terasa nikmat dan menjadikan ibadah tidak hanya sekedar ritual yang diwajibkan tetapi sudah pada tingkatan kita butuh untuk beribadah. 
Iman mempunyai wadah yaitu hati. Iman yang baik menuntut wadah yang baik atau bisa dikatakan sehat. Hati yang sehat yaitu hati yang tidak sakit. Hati yang sakit disebabkan oleh penyakit hati seperti, iri, dengki, hasad, dll. Untuk mengobati hati yang sakit ada tiga terapi yang harus dilakukan yaitu: 
1. menjaga kodisi hati yang tersisa. Hati yang sakit tidak berarti orang tersebut tidak bisa membedakan kebaikan dan keburukan, tetapi karena lemahnya niat untuk mengendalikan hawa nafsu. Betapapun, sebagian orang ada yang oleh Allah memang telah ditutup hatinya. Menjaga sisa hati ini bisa dilakukan dengan : membaca dan menghayati Al Quran, berdzikir kepada Allah, dan mempelajari tentang ilmu Allah.
2. menjaga hati dari masuknya penyakit hati yang lain.
3. taubat dab istigfar dengan sungguh-sungguh.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar